fbpx

Mengenal Jenis – Jenis Lensa DSLR dan Mirrorless

benjamin-sow-n9dt6IfftB8-unsplash-min

Tahu nggak kalau memilih lensa yang salah itu bisa membuat fotomu nggak bisa seperti yang kamu inginkan. Mimin bakal kasih tahu beberapa jenis lensa dan kegunannya yang saat ini banyak tersedia di pasaran. Oke, langsung aja ya!

1. Lensa Kit 

Lensa ini adalah lensa yang paling standar atau umum untuk digunakan. Lensa kit biasanya terdapat satu paket saat mendapatkan kamera. Lensa kit yang paling banyak beredar memiliki focal length 18 – 55 mm. Itu artinya kalau kamu mau foto wide maksimalnya di 18mm, lalu kamu mau foto zoom maksimal adalah 55mm. Kekuranganya lensa kit salah satunya adalah hasil foto tidak terlalu tajam. Kekuranganya yang kedua adalah aperturenya hanya f3.5. Jadi sangat tidak disarankan untuk foto malam hari dan juga foto yang bokeh.

Tapi lensa Kit banyak dipakai karena selain harganya murah, lensa ini juga fleksibel. Kamu mau foto wide bisa, mau foto portrait juga bisa. Jadi nggak ribet gonta – ganti lensa.

 

2. Lensa Fix

Lensa Fix termasuk lensa andalah yang wajib dipakai kalau mau foto portrait atau foto yang bokeh. Kelemahan lensa fix tidak bisa dizoom, yaiyalah kan namanya lensa fix. Jadi, kalau mau motret kejauhan atau terlalu dekat kamunya yang harus jalan maju atau mundur. Hitung – hitung sekalian olahraga kan ya. Hehehe.

Tapi lensa fix ini memiliki keunggulan yang disukai oleh banyak orang. Yang pertama adalah sangat tajam, kalau kamu suka foto orang atau apapun yang butuh hasil yang tajam banget lensa fix ini bisa jadi solusinya. Yang keduanya biasanya bukannya lebar jadi untuk pecinta foto yang bokeh sangat cocok. Seperti lensa fix canon 50mm bukannya ada di F1.8. Udah lumayan cukup banget untuk foto yang bokeh meskipun di tempat yang minim cahaya. Lensa fix ini ukurannya tidak terlalu panjang, jadi gampang buat dibawa – bawa.

lensa fix

3. Lensa Wide 

Sesuai dengan namanya, lensa wide ini cocok kalau kamu suka foto landscape karena bisa mengambil rentang gambar yang luas, lebih luas dibanding lensa lainnya. Salah satu contoh lensa wide yang lumayan bagus hasilnya adalah lensa canon 10 – 18 mm. Buat moto satu keluarga juga kelihatan semua. Hehehe.

4. Lensa Tele

Lensa Tele punya focal lenght yang sangat panjang bisa mencapai 300mm. Lensa ini cocok untuk kamu yang suka motret benda yang jaraknya jauh – jauh dan kamu nggak bisa mendekati benda itu. Misalkan pertandingan bola atau acara olahraga. Tapi lensa tele ini juga sering digunakan untuk memotret foto portrait karena memiliki distorsi yang paling sedikit. Namun lensa tele ini memiliki bentuk yang lumayan panjang dibanding lensa jenis lain.

5. Lensa Makro

Lensa makro ini memiliki kemampuan yang sangat khusus yaitu memotret benda – benda kecil dengan kualitas gambar yang sangat bagus. Misalnya tetesan air, serangga atau benda – benda kecil lain yang lensa biasa tidak mampu melakukannya. Kamu bisa tetap memotret dengan fokus yang baik meskipun jarak obyek dan kamera sangat dekat.

6. Lensa Fisheye

Lensa ini punya hasil yang unik, karena ketika dipakai untuk memotret hasilnya membuat objek distorsi. Lihat gambar di bawah ini.

fisheye lensa

 

 

Jadi, itu tadi jenis – jenis lensa yang ada di DSLR dan Mirrorless. Lensa favoritmu yang mana?

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

Leave a Reply

×
WhatsApp WhatsApp Kami

DAPATKAN DISKON SPESIAL
CUKUP MASUKKAN EMAILMU